gambar

Thursday, November 28, 2013

Keluargaku

Keluarga sebagai kelompok sosial terdiri dari sejumlah individu. memiliki hubungan antar individu, terdapat ikatan, kewajiban, tanggung jawab di antara individu tersebut.



Ibu adalah teladan bagi anak dan pembimbingnya dalam kehidupan. Anak menjadikan perilaku dan tutur kata ibunya sebagai teladan. Seorang anak membutuhkan gambaran yang jelas tentang kehidupan dan sudah tentu ibu adalah orang pertama yang memberikan penjelasan ini kepadanya. Sekalipun ibu menginginkan kebaikan anak dan berharap anaknya meraih kebahagiaan, tapi keinginan dan harapan ini saja tidak cukup. Ibu membutuhkan pandangan jauh ke depan dan harus berhati-hati. Karena tanpa itu, anaknya tidak akan memiliki harapan akan masa depan yang baik. Betapa banyak anak-anak yang menjadi korban buruknya pendidikan, baik secara langsung atau tidak dari ibunya, sehingga banyak bahaya yang mengancam hidupnya.

Orang tua sebagai lingkungan pertama dan utama dimana anak berinteraksi sebagai lembaga pendidikan yang tertua, artinya disinilah dimulai suatu proses pendidikan.  Sehingga orang tua berperan sebagai pendidik bagi anak-anaknya. Lingkungan keluarga juga dikatakan lingkungan yang paling utama, karena sebagian besar kehidupan anak di dalam keluarga, sehingga pendidikan yang paling banyak diterima anak adalah dalam keluarga. Menurut Hasbullah (1997), dalam tulisannya tentang dasar-dasar ilmu pendidikan, bahwa keluarga sebagai lembaga pendidikan memiliki beberapa fungsi yaitu fungsi dalam perkembangan kepribadian anak  dan  mendidik anak dirumah.



Fungsi keluarga dalam pembentukan kepribadian dan mendidik anak di rumah;
  1. sebagai pengalaman pertama masa kanak-kanak
  2. menjamin kehidupan emosional anak
  3. menanamkan dasar pendidikan moral anak
  4. memberikan dasar pendidikan sosial
  5. meletakan dasar-dasar pendidikan agama
  6. bertanggung jawab dalam memotivasi dan mendorong keberhasilan anak
  7. memberikan kesempatan belajar dengan mengenalkan berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan yang berguna bagi   kehidupan kelak sehingga ia mampu menjadi manusia dewasa yang mandiri.
  8. menjaga kesehatan anak sehingga ia dapat dengan nyaman menjalankan proses belajar yang utuh.
  9. memberikan kebahagiaan dunia dan akhirat dengan memberikan pendidikan agama sesuai ketentuan Allah Swt, sebagai   tujuan akhir manusia.

Fungsi keluarga/ orang tua dalam mendukung pendidikan anak di sekolah :
  1. orang tua bekerjasama dengan sekolah
  2. sikap anak terhadap sekolah sangat di pengaruhi oleh sikap orang tua terhadap sekolah, sehingga sangat dibutuhkan   kepercayaan orang tua terhadap sekolah  yang menggantikan tugasnya selama di ruang sekolah.
  3. orang tua harus memperhatikan  sekolah anaknya, yaitu dengan memperhatikan pengalaman-pengalamannya dan   menghargai segala usahanya.
  4. orang tua menunjukkan kerjasama dalam menyerahkan cara belajar   di rumah, membuat pekerjaan rumah dan memotivasi   dan membimbimbing anak dalam belajar.
  5. orang tua bekerjasama dengan guru untuk mengatasi kesulitan belajar anak
  6. orang tua bersama anak mempersiapkan jenjang pendidikan yang akan dimasuki dan mendampingi selama menjalani   proses belajar di lembaga pendidikan.
Menyepakati pola asuh yang paling efektif dalam keluarga adalah penting, karena pola asuh pada tahun-tahun awal kehidupan seseorang akan melandasi kepribadiannya dimasa datang. Perilaku dewasa dan ciri kepribadian  dipengaruhi oleh berbagai peristiwa yang terjadi  selama tahun-tahun awal kehidupan, artinya antara masa anak dan dewasa memiliki hubungan berkesinambungan.
Dengan mengetahui bagaimana pengalaman membentuk seorang individu, akan menjadikan kita lebih bijaksana dalam membesarkan anak-anak kita. Banyak masalah yang dihadapi disekolah  (agresi, ketidakramahan, negativistik, dan beragam gangguan kesulitan belajar) mungkin dapat dihindari bila kita lebih memahami perilaku anak dan sikap orang tua mempengaruhi anak-anaknya, serta bagaimana menanganinya pada usia dini.

No comments:

Post a Comment